Tips Membuat Rumah Bernuansa Tradisional yang Cocok Untuk Daerah Perkotaan

- Advertisement -
- Advertisement -

© Pinterest

Tinggal di perkotaan dengan tingkat kepadatan masyarakat yang tinggi dapat meningkatkan stress dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang berkepanjangan. Karena itulah banyak orang kota meluangkan waktu liburnya untuk berlibur ke daerah yang memiliki suasana yang bisa menenangkan hati dan pikiran dari kerumunan kota.

Rumah adalah aspek utama dalam kehidupan terlebih lagi bagi orang-orang yang yang memiliki keluarga, tentunya rumah menjadi sebuah kebutuhan bagi anda dan keluarga. Munngkin daerah perkotaan kurang nyaman untuk di tinggali karena beberapa masalah, namun besarnya juga tuntutan untuk tetap tinggal di perkotaan mau tidak mau karena hal ini harus dilakukan. Tapi tetap ada solusi untuk ini semua, agar anda yang tinggal di daerah perkotaan tetap merasa nyaman dengan keadaan yang padat oleh penduduk.

Pada artikel kali ini exproperti.com akan memberitahukan kepada anda beberapa tips membuat atau mendesain Rumah Bernuansa Tradisional yang cocok untuk dihuni pada daerah perkotaan, karena pada sisi lain rumah yang bernuansa tradisional sebernanya bisa menjadi jawaban terhadap masalah-masalah yang ada di atas. Biasanya rumah tradisional identik dengan keasriannya dan memang cenderung menyatu dengan alam. Walaupun  berada di tengah kota dengan ukuran lahan yang minimalis, anda tetap bisa untuk membuat rumah dengan nuansa tradisional. Berikut kami akan memberikan beberapa tips untuk membuat rumah bernuansa tradisional yang cocok untuk daerah perkotaan. Yuk, kita simak bersama-sama tipsnya :

Penggunaan material kayu dan batu bata

Hal pertama yang akan kita bahas menganai penggunaan material kayu dan batu bata. Biasanya dinding rumah tradisional menggunakan warna yang netral seperti warna krem dan warna putih. Namun, untuk lebih menonjolkan sisi tradisional dan alaminya, dinding bisa dikombinasikan dengan material alami lainnya seperti kayu dan dinding bata. Material kayu ini dapat ditempatkan di sisi dinding mana saja, bisa juga untuk dinding kamar tidur. Selain itu, dinding bata juga dapat dipakai dan akan terlihat lebih hidup bila diaplikasikan pada ruangan yang terkena pancaran sinar matahari.

© Pinterest

Ornamen pada pintu dan perabot 

Penggunaan ornamen ini menjadi salah satu yang menjadi perbedaan yang sangat mencolok pada desain rumah bergaya tradisional dengan desan rumah minimalis dan modern yang sekarang menjadi tren di masyarakat adalah detail. Jika rumah minimalis lebih mengedepankan kepada desain yang minim ornamen, gaya tradisional ini sebaliknya. Semakin banyak detail dan ornamen yang digunakan, rumah akan sangat terlihat semakin tradisional. Untuk anda yang ingin menerapkan ornamen-ornemen ini, anda bisa mengaplikasikannya pada pintu, jendela, kursi, plafon rumah, dan lain sebagainya. Dan juga untuk anda saat memilih ornamen, sebaiknya anda harus memilih ornamen yang seragam agar desain rumah tradisional anda tidak terlihat berantakan.

© Pinterest

Taman depan rumah tradisional

Taman depan rumah ini menjadi salah satu ciri khas rumah tradisional karena adanya halaman yang membentang luas di depat rumah. Namun jika anda hanya memiliki lahan yang memang terbatas, anda juga tidak perlu memaksannya. Karena sebagai gantinya, anda bisa menambahkan tanaman rumput hijau yang dipenuhi dengan tanaman hias dan bisa juga menambahkan sedikit pepohonan di area depan rumah. Taman ini juga tak hanya memberikan visual yang menarik pada area depan rumah, tapi juga bisa memberikan efek suasana teduh dan sejuk dan juga bisa mencegah suhu udara yang terlalu panas pada rumah.

© Pinterest

Plafon dan hiasan dinding rumah tradisional

Anda bisa memperhatikan rumah-rumah tradisional biasanya memiliki desain yang unik dan tidak terlihat monoton. Berbeda dengan plafon rumah modern yang biasanya cenderung datar, tidak seperti plafon rumah tradisional yang memiliki bentuk yang tidak biasa yang sesuai dengan konsepnya. Ada yang menggunakan material kayu, berupa pladon miring dan masih banyak lagi yang dapat anda terapkan pada desain rumah tradisional yang akan anda buat.

Anda juga bisa menambahkan hiasan pada dinding rumah, karena penambahan hiasan dinding ini dapat memberikan nuansa tradisional-nya. Anda bisa mengaplikasikan bingkai foto, cermin, kaligrafi, dan lainnya pada dinding rumah anda.

© Pinterest

© Pinterest

Penggunaan atap miring

Penggunaan atap miring ini cukup identik dengan desain rumah tradisional. Bukan tanpa alasan, penggunaan atap miring dengan pet yang lebar akan bisa mencegah panas dari luar langsung masuk ke dalam rumah. Semakin tinggi atap rumah dan semakin tinggi jarak antara atap dan lantai, akan membuat rumah menjadi semakin adem. Untuk anda yang ingin membuat rumah yang bernuansa tradisional, pertimbangkan untuk menggunakan genteng dari tanah liat sebagai atap rumah anda. karena dapat menahan panas cahaya matahari dan guyuran air hujan serta dapat memberikan kehangatan pada malam hari.

© Pinterest

Penggunaan lampu dengan warna hangat

Untuk memberikan nuansa yang hangat pada rumah tradisional, anda bisa menggunakan lampu yang bercahaya kuning, karena jika anda menggunakan lampu yang bercahaya putih akan memberikan kesan panas pada rumah. Tapi anda jangan khawatir, jika anda ingin menggunakan lampu bercahaya putih, anda bisa mengaplikasikan lampu tersebut pada area yang memiliki sirkulasi udara yang baik, seperti teras, balkon, dan ruang tamu.

© Pinterest

Penambahan kolam ikan

Untuk anda yang masih memiliki lahan sisa pada area depan rumah, tak ada salahnya untuk memasukkan lebih banyak unsur alam ke rumah. Salah satunya penambahan kolam ikan. Kolam ikan ini dapat memberikan relaksasi kepada penghuni rumah ketika merasa jenuh dan bosan. Karena kolam ikan ini juga dapat mengurangi sensasi udara panas pada rumah.

© Pinterest

Dengan memiliki desain rumah bernuansa tradisional, penghuni bisa merasa lebih rileks dan nyaman walau pun berada di tengah-tengah kota yang pada akan penduduk. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, teruma bagi anda yang ingin membuat rumah bernuansa tradisional di perkotaan. Untuk anda yang ingin mengetahui tentang properti, desain, tips, trik, ide, dan informasi lainnya jangan lupa untuk mengunjungi exproperti.com, karena masih banyak informasi-informasi menarik lainnya.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here