Konsep Ruang Bermain Anak yang Cantik dan Nyaman

0
860
Konsep Ruang Bermain Anak yang Cantik dan Nyaman

Dalam masa pandemi ini sedikit sulit untuk menghabiskan watu di luar rumah akibat adanya lockdown. Namun terkadang anak-anak yang masih aktif bermain merasa jenuh dan bosan jika tinggal dirumah terlalu lama. Untuk itu, menciptakan ruang bermain anak sendiri menjadi solusi agar anak dapat dengan nyaman menghabiskan waktu di dalam rumah. Konsep ruang bermain anak juga dapat disesuaikan dengan hal-hal yang disukai oleh anak.

Ruang Bermain Cantik untuk Buah Hati Tercinta

Kegiatan bermain bagi anak merupakan hal yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Selain menyehatkan karena banyak aktivitas fisik yang dilakukan, kegiatan bermain juga dapat melatih kreativitas anaka kalian. Ruang bermain untuk anak menjadi fasilitas penunjang yang dapat membantu anak melatih motorik dan menstimulasi otak anak. Ruang bermain anak yang baik yaitu yang dapat memberikan kenyamanan serta memperhatikan keamanan bagi anak-anak.

Orang tua membuat ruang bermain buah hatinya dengan senyaman mungkin dan memperhatikan hal-hal detail sesuai dengan kesukaan anaknya. Beberapa mendesain ruang bermain anak sesuai dengan gender anak. Untuk anak perempuan mungkin konsep desainnya akan berbeda dengan anak laki-laki.

Ruang bermain Anak perempuan

ruang bermain anak perempuan
©pinterest

Untuk ruang bermain anak perempuan biasanya para orangtua mendominasi dekorasi ruangan dengan pernak-pernik yang lebih girly dan cantik. Seringkali orang tua memilih warna seperti pink atau warna-warna netral cerah yang feminim. Dekorasi juga dibuat layaknya ruangan para putri di negeri dongeng.

Ruang Bermain Anak Laki-Laki

ruang bermain anak laki-laki
©pinterest

Ruang bermain untuk anak laki-laki mungkin di desain dengan lebih menonjolkan sisi maskulin. Seringkali memakai warna netral yang sedikit gelap seperti abu-abu atau biru untuk mendekorasi ruangan. Tak jarang para orang tua mendesain ruang bermain anak dengan konsep tokoh kartun favorit anak-anaknya.

Konsep Desain Ruang Bermain yang Nyaman

Para orang tua membuat ruang bermain buah hatinya dengan menciptakan dunia tersendiri untuk anak-anaknya berimajinasi. Beberapa konsep ruang bermain anak yang dapat menjadi inspirasi kalian bisa dilihat dibawah ini.

Ruang Bermain Anak di Loteng Rumah

ruang bermain anak diatas loteng
©pinterest

Mengubah loteng yang tidak terpakai menjadi ruang bermain anak tidaklah buruk. Kalian cukup mendekorasi ruangan sesuai dengan keinginan anak anda. Dengan menambahkan beberapa bantalan empuk serta hindari penggunaan furnitur yang bersudut tajam akan dapat menciptakan ruang bermain anak yang nyaman. Jangan lupa menambahkan storage untuk tempat penyimpanan mainan dan pendingin agar suasananya tidak terlalu panas.

Ruang Bermain Anak Minimalis

 

ruang bermain anak minimalis
©pinteres

Bagi kalian yang memiliki ruangan sempit minimalis untuk ruang bermain anak, cukup memberikan dekorasi yang simpel namun tersusun rapi. Penambahan warna netral dan terang akan mennyadikan ruangan telihat lebih luas dan tentunya cantik serta nyaman. Jangan lupa menambahkan storage untuk menyimpan mainan anak-anak agar tidak tercecer dan membuat sempit ruangan.

Ruang Bermain Anak dengan Konsep Zona Imajinasi

ruang bermain anak zona imajinasi
©pinteres

Memanfaatkan ruang bermain anak sebagai zona anak-anak menciptakan dunianya sendiri. Biarkan anak berkreasi dengan apa yang ada di sekitar mereka. Dekorasi ruangan senyaman mungkin untuk anak dapat bergerak bebas. Tambahkan papan tulis agar anak dapat bereksplorasi tanpa harus mengotori ruangan. Berikan juga mainan-mainan yang merangsang imajinasi sang anak. Tetap utamakan keselamatan anak dengan menggunakan bahan-bahan yang child friendly.

Ruang Bermain Bawah Tangga

ruang bermain anak di bawah tangga
©LayBabyLay

Ingin membuat ruang bermain anak tapi tak memiliki ruangan kosong dirumah, kalian dapat memanfaatkan ruangan kecil dan minimalis di bawah tangga untuk tempat bermain anak. Desain ruang bawah tangga dengan menambahkan beberapa dekorasi dan furnitur pendukung maka sudah dapat menciptakan ruang bermain anak yang cantik.

Ruang Bermain Anak di Balkon Rumah

ruang bermain anak di balkon
©Novocom

Konsep ruang bermain anak semi outdoor dapat kalian buat dengan memanfaatkan balkon rumah atau apartemen kalian. Sebelum itu pastikan dengan benar bahwa area tersebut aman untuk dijadikat tempat bermain anak. Minimalisirkan hal-hal yang dapat membahayakan anak. Tambahkan pengaman pada pembatas seperti menutup teralis menggunakan papan atau bahan lain yang dapat menutup area terbuka. Barulah kalian dekorasi balkon sesuai dengan konsep desain ruang bermain yang kalian inginkan. Berikan beberapa pernak-pernik seperti tenda, karpet berwarna hijau  dan lainnya untuk menciptakan suasana seolah sedang camping diluar rumah.

Ruang Bermain Anak di Teras Rumah

ruang bermain anak di halaman rumah
©pinterest

Jika anak-anak kalian aktif di luar rumah namun kalian tak memiliki waktu untuk mengawasi dan menemaninya di luar, kalian bisa membangun play ground sendiri di halaman atau teras rumah. Ruang bermain anak di teras rumah akan membuat anak lebih banyak bereksplorasi dan yang pasti melakukan kegiatan fisik. Dekorasi berupa ayunan atau seluncuran dapat kalian tambahkan untuk menciptakan ruang bermain anak yang cantik. Tambahkan juga bak pasir untuk anak dapat bermain tanah pasir sesuka hatinya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here