8 Konsep Desain Taman untuk Rumah Terlihat Estetik

0
945
8 Konsep Desain Taman untuk Rumah Terlihat Estetik

Exproperti.com – Taman sudah menjadi bagian dari dekorasi untuk memberikan tampilan rumah yang lebih cantik dan modern. Pengaturan tanaman dan pohon di halaman akan menjadikan rumah terlihat lebih hijau dan yang pasti menambah kesejukan. Banyak konsep desain taman yang cantik dan modern diterapkan hanya untuk mendukung tampilan rumah menjadi elegan dan estetik.

Kebutuhan Taman untuk Rumah

Taman dalam sebuah rumah dapat menghadirkan suasana yang asri. Pemandangan indah juga dapat dilihat tanpa harus pergi ketempat yang jauh. Pengaturan taman yang cantik akan menciptakan hiburan tersendiri karena selain menambah kesejukan rumah juga akan memperindah tampilan luar rumah. Selain itu dengan adanya pembuatan taman dirumah dapat memanfaatkan lahan yang tersisa secara maksimal.

Kehadiran taman dalam rumah akan menciptakan sebuah oase yang menghadirkan suasana berbeda dalam rumah. Menikmati pemandangan taman yang cantik sambil bersantai dan bercengkrama dengan keluarga akan menciptakan kehangatan dalam rumah. Kalian bisa menciptakan taman tak hanya di halaman depan rumah, namun juga dapat meciptakan desain taman di halaman belakang rumah. Taman tak hanya menjadi ruang terbuka hijau, tapi juga menjadi tempat bersantai dan berkumpul keluarga.

Konsep Taman untuk Rumah Terlihat Cantik

Dalam mendesain taman agar terlihat lebih indah memiliki banyak jenis model dan konsep yang dapat kalian terapkan. Diantaranya beberapa contoh konsep desain taman yang banyak di pakai sebagai inspirasi menghias halaman rumah yang estetik akan saya jabarkan dalam artikel kali ini.

1. Taman Minimalis

taman minimalis
©pinterest

Konsep taman minimalis mengadopsi gaya yang sederhana dalam penataannya. Konsep taman ini bisa digunakan dilahan yang sempit baik indor maupun outdoor. Taman minimalis memadukan antara tanaman dengan beberapa material seperti kerikil, batu atau paving blok. Tanaman akan ditata sedemikian rupa dengan rapi disudut taman. Kemudian taman dapat ditambahkan dengan rumput pendek untuk menambah kesan minimalis yang estetik.

2. Taman Mediterania

Taman Mediterania
©pinterest

Konsep taman mediterania umumnya diisi dengan tanaman yang berkarakter keras dan memadukan tanaman tropis panas seperti Agave, Yucca, Nolina, Cactus dan Sikas dengan unsur batu dan lainnya. Biasanya taman berkonsep mediterania lebih didominasi dengan warna natural alami tanah seperti colat dan krem yang menambah kesan estetik dalam rumah. Kalian dapat menambahkan beberapa dekorasi seperti lampu taman, kursi taman ataupun penambahan kolam kecil yang akan menambah indah taman kalian. Selain itu kalian juga dapat membuat taman dengan menaruh tanaman dalam pot dan mengaturnya sedemikian rupa diteras rumah untuk kemudian ditambahkan dekorasi berupa kursi dan meja kecil untuk bersantai.

3. Taman Klasik

Taman klasik
©pinterest

Taman berkonsep klasik biasanya mengusung tema penataan taman jaman dulu dengan menambahkan dekorasi berupa air mancur, kolam dan patung di tengah taman. Penataan taman juga rapih dan dibuat seperti ada pembatas dengan tumbuhan pagar. Konsep taman ini cocok untuk yang memiliki halaman yang luas. Gaya klasik akan menambah estetika dalam rumahmu.

4. Taman Kering

Taman Kering
©pinterest

Taman kering menerapkan konsep taman yang tak banyak diberikan tanaman hijau tetapi diganti dengan tanaman yang tak memerlukan banyak perawatan seperti kaktus, sukulen dan siklok. Konsep taman ini hampir sama dengan taman mediterania namun lebih banyak unsur batuan didalamnya. Tanaman ini juga biasanya diterapkan dalam dekorasi taman indoor yang akan menambah estetik rumah kalian.

5. Taman Rooftop

rooftop garden
©pinterest

Taman rooftop merupakan konsep taman yang dibuat dengan memanfaatkan ruang kosong diatas rooftop. Taman rooftop merupakan solusi bagi lahan yang sempit namnun ingin tetap memiliki ruang terbuka hijau untuk bersantai. Taman ini akan menambah kesan modern dan estetik dirumah kalian.

6. Taman Bergaya Eropa

taman bergaya eropa
©pinterest

Taman eropa memiliki ciri khas berupa penggunaan ornamen-ornamen taman khas eropa. Perpaduan warnanya juga lebih kompleks dengan banyak memberikan sentuhan tanaman bunga yang cantik nan indah. Biasanya taman bergaya eropa memerlukan lahan yang cukup luas.

7. Taman Bergaya Jepang

taman bergaya jepang
©pinterest

Taman bergaya Jepang biasanya memiliki konsep yang sangat kental dengan alam. Penambahan tanaman bonsai menjadi ciri khas dari konsep taman ini. Selain itu kalian dapat menmbahkan kolam yang diberikan jembatan kecil diatasnya untuk melengkapi konsep taman bergaya Jepang yang estetik. Penggunaan kendi dan bambu juga akan menambah nuansa jepang yang kental. Kalian dapat bersantai minum teh sambil menikmati taman yang asri. Konsep taman ini juga dapat di aplikasikan di dalam ruangan dengan gaya minimalis.

8. Taman dalam Green House

taman Greenhouse
©pinterest

Konsep desain taman dalam greenhouse memberikan nuansa baru yang berbeda dari konsep taman lainnya. Kalian akan membuat konsep taman yang berada di dalam ruangan khusus. Konsep taman ini lebih berciri khas dengan penggunaan atap terbuka (skylight) dan jendela kaca yang luas. Tanaman akan disusun secara rapi dalam greenhouse, kemudian ditambahkan dekorasi tambahan seperti meja,kursi maupun hammock sebagai tempat bersantai yang nyaman serta estetik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here