Tips Menata Rumah Ukuran Minimalis Agar Selalu Terlihat Rapi dan Nyaman

- Advertisement -
- Advertisement -

© Pinterest

Pada dasarnya rumah yang besar memberikan keleluasaan bagi anda untuk menata dan mendekorasi perabotan. Tapi bagaimana dengan rumah yang memiliki ukuran minimalis? Menata rumah yang berukuran minimalis seringkali berarti kita harus pintar-pintar dalam membagi fungsi ruang atau area, apalagi jika ruangan yang ada sangat terbatas. Menata rumah minimalis seringkali cukup sulit di karenakan banyaknya perabot yang ada di dalam rumah.

Pengaturan tata letak furniture dan pemilihan warna pada rumah minimalis menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam penataan rumah minimalis. Hal ini terkadang membuat kita kesal, menata rumah menjadi hal yang menyebalkan karena rumah yang ditata serapi mungkin tidak kunjung rapi juga. Untuk anda yang memiliki masalah dalam menata rumah yang berukuran minimalis. Nah, pada kesempatan kali ini exproperti.com akan menjelaskan beberapa hal mengenai tips menata rumah yang berukuran minimalis agar selalu rapi dan nyaman saat di tempati.

Rumah Minimalis

© Pinterest

Disini kami akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian rumah minamalis. Rumah minimalis merupakan rumah yang dibangun dengan bentuk yang tidak terlalu besar. Mulai dari desain bangunan interior dan eksteriornya. Rumah ini dibangun dengan konsep yang sesuai dengan kebutuhan. Selain desainnya yang sederhana, rumah ini pun dibangun di atas tanah yang tidak terlalu luas. Rumah yang berukuran minimalis juga memiliki konsep furniture yang sangat sederhana. Dan Pada aritikel kali ini akan menjelaskan tentang tips menata rumah yang berukuran minimalis agar selalu terlihat rapi dan nyaman.

Pemilihan perabot dengan benar

Untuk anda yang memiliki rumah yang memiliki ruang kecil, anda jangan sampai salah saat memilih perabot rumah! Karena memiliki banyak perabot pada rumah yang minimalis sama saja dengan anda menambah pekerjaan pada saat menatata rumah. Maka terlepas dari itu, anda yang memiliki rumah minimalis harus lah benar pada saat memilih perabot. Perabot apa saja yang benar-benar dibutuhkan agar pada saat menata rumah lebih efektif.

Tips dari kami, anda harus lah memilih perabot atau furniture yang memiliki banyak fungsi sekaligus atau perabot multifungsi. Meski berukuran besar, seperti lemari, kasur, dan lainnya. Untuk anda jiga saat memilih lemari, usahakan lah pilih lemari yang memiliki banyak ruang sehingga semua barang-barang anda bisa masuk dan tidak berceceran di luar. Hindari penggunaan ornamen perabot yang tebal, karena akan membuat perabot terlihat berat.

Simpan barang pada tempatnya 

Menata rumah akan menjadi lebih sulit banyak sekali barang-barang berserakan di mana-mana, terutama benda yang berukuran kecil. Untuk mencegah hal ini, anda harus memiliki tempat yang tetap untuk menyimpan barang-barang seperti ini, agar nanti tidak berserakan lagi di mana-mana. Selain membuat rumah anda menjadi lebih rapi, anda juga tidak akan kesusahan saat mencari barang tersebut. Anda juga bisa menyediakan wadah atau laci yang khusus untuk menyimpan barang-barang yang berukuran kecil.

© Pinterest

Menata furniture rumah 

Pada penataan furniture ini menjadi hal yang wajib bagi setiap orang. Agar ruangan rumah tetap rapi dan terasa luas. Anda bisa mengikuti tips yang akan kami berikan, berikut tipsnya. Pada ruang tamu anda bisa meletakkan sofa atau kursi yang minimalis. Anda juga jangan terlalu berjauhan saat memasang sofa atau kursi dan jangan terlalu banyak. Letakkan lah sofa atau kersi secara berdempetan dan memanjang, karena bisa diduduki oleh lebih banyak orang dan mengurangi sempitnya area ruangan rumah.

© Pinterest

Tambahkan cermin yang berukuran sedang atau besar

Cermin ini dapat memberikan efek visual di ruangan agar terlihat lebih besar. Untuk itu, anda dapat menambahkan cermin pada dinding ruangan yang memiliki area minimalis. Cermin juga bisa digunakan sebagai pemantul cahaya lampu, sehingga rumah terasa lebih terang.

© Pinterest

Ventilasi udara agar rumah tidak terasa pengap       

Penambahan ventilasi pada rumah yang berukuran kecil menjadi hal yang sangat penting, meski anda menata rumah serapi mungkin, tentu saja belum sempurna jika rumah anda terasa pengap dan lembab. Dalam menata rumah ventilasi udara ini menjadi salah satu hal yang utama. Jangan sampai rumah anda rapi dan cantik tapi tidak sehat bagi anda dan keluarga. Anda bisa menambahkan jendela yang berukuran besar, dan pada setiap pagi anda bisa membuka jendela tersebut agar oksigen dan cahaya matahari masuk ke dalam rumah, agar rumah tetap terasa segar dan sehat.

© Pinterest

Rutin membersihkan rumah

Rutin membersihkan rumah ini menjadi tips terakhir dalam artikel ini. Tips ini menjadi yang paling penting bagi setiap orang, percuma saja jika anda memiliki rumah yang bagus tapi anda malas untuk membersihkannya. Untuk anda bisa membuat jadwal untuk membersihkan rumah, anda bisa membersihkan rumah terutama dari kotoran dan debu minimal 2 atau 3 hari sekali, bisa lebih bagus lagi jika anda membersihkannya setiap hari.

Membersihkan rumah bukan hanya menyapu dan mengepel, tetapi juga menyikat kamar mandi, mengosongkan keranjang pakaian, bisa menggunakan pembersih kimia atau pembersih alami, dan jangan lupa gunakan penghaarum ruangan agar rumah terasa segar dan rumah akan lebih sehat.

© Pinterest

Menata rumah yang berukuran minimalis tidak begitu sulit bukan? Dengan kemauan dan kecerdasan yang anda miliki, menata rumah yang berukuran minimalis atau kecil akan menjadi hal yang menyenangkan. Bukan hanya rapi-rapi, tapi rumah anda akan selalu bersih, terawat, dan nyaman saat dihuni.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here