Cara Mendesain Kamar Tidur Bergaya Rustic

0
795

Kamar tidur merupakan area pribadi yang digunakan sebagai tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas. Layaknya tempat bersantai, kamar tidur seharusnya memiliki nuansa yang nyaman sehingga dapat mengatasi rasa lelah. Untuk itu biasanya sebagian orang mendekorasi kamar sedemikian rupa sesuai dengan passionnya demi menciptakan rasa nyaman yang dibutuhkan. Salah satu konsep dari yang dapat digunakan yaitu gaya rustic.

Rustic dalam bahasa Indonesia memiliki arti berkarat atau tua. Dalam desain interior gaya rustic biasanya banyak mengusung tema yang bernuansa alamiah dan menonjolkan tekstur yang kasar dan tidak melakukan penyelesaian akhir. Dengan konsep ini kamar tidur akan terasa lebih hangat dan nyaman utuk beristirahat, sehingga diharapkan dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih nyenyak dan baik.

Cara Mendesain Kamar Bergaya Rustic

Konsep warna

Cara pertama yang dapat dilakukan dengan pemilihan warna interior kamar tidur dengan gaya rustic. Misalkan menggunakan warna netral bernuansa alamiah seperti warna coklat,putih, krem dan abu-abu. Warna-warna tersebut dapat kalian terapkan dalam dekorasi warna dinding, tirai, atau selimut dan karpet. Karena gaya rustic memiliki banyak material berbahan kayu, mungkin pengaplikasian warna abu-abu akan sangat tepat untuk menonjolkan suasana rustic yang kental. Selain itu warna alami dari dinding batu bata juga dapat menjadi latar warna yang sesuai dengan gaya rustic.

Pencahayaan

Beberapa sumber pencahayaan yang dapat dimanfaatkan diantaranya pencahayaan alami dari sinar matahari. Untuk dapat memanfaatkan pencahayaan alami secara maksimal perlu adanya bukaan pada kamar tidur, pemberian jendela pada kamar tidak akan merusak konsep gaya rustic malah sebaliknya. Cahaya yang masuk dari jendela dan mengenai kayu akan membuat suasana terasa lebih alami. Selain itu penambahan cahaya juga diperlukan saat malam tiba. Penggunaan lampu berwarna kuning menjadi cara untuk mendesain kamar tidur  yang hangat dan nyaman.

Pemilihan Furnitur

Konsep ini mengusung tema alami sehingga kebanyakan furnitur yang digunakan berbahan kayu atau rotan. Kita juga dapat memanfaatkan barang bekas dan setengah jadi untuk membuat dekorasi kamar bergaya rustic. Misalnya penggunaan pallet bed untuk desain tempat tidur, kalian juga bisa membuat DIY dari bahan-bahan alami yang mudah didapatkan seperti ranting kayu untuk dekorasi ruangan yang estetik, dan membuat rak dinding dari bahan kayu. Gunakan konsep dengan menonjolkan ketidak sempurnaan yang menjadi ciri utamanya.

Penggunaan Tanaman

Cara menciptakan kesan alami pada desain kamar kalian dapat memberikan beberapa tanaman hias untuk dekorasi kamar. Beberapa tanaman yang bisa kalian gunakan misalnya tanaman sukulen atau kaktus yang tidak terlalu banyak memerlukan perawatan serta lebih mudah bertahan di ruangan minim cahaya.  Jika tak ingin ribet mengurus tanaman kalian dapat menambahkan bunga kering untuk menampilkan kesan rustic dalam kamar tidur.

Penambahan Dekorasi dan Hiasan Dinding

Kalian juga dapat menambahkan beberapa hiasan dinding bertema rustic dalam kamar. beberapa hiasan dinding yang dapat digunakan seperti kaca atau lukisan. Pilih juga material hiasan yang berbahan alami seperti rotan, kayu atau kertas untuk menambah keindahan ruangan. Penambahan dekorasi berbahan bulu juga dapat di sesuaikan dengan tema kamar bergaya rustic.

Beberapa contoh desain kamar tidur bergaya rustic yang dapat menjadi inspirasi

kamar bergaya rustic
©pinterest
kamar bergaya rustic
©pinterest
kamar bergaya rustic
©pinterest
kamar bergaya rustic
©pinterest
kamar bergaya rustic
©pinterest
dekorasi kamar bergaya rustic
©pinterest
desain kamar bergaya rustic
©pinterest
desain kamar bergaya rustic
©pinterest
desain kamar bergaya rustic
©pinterest
©pinterest

Konsep desain kamar bergaya rustic mengusung tema yang lebih menonjolkan ke tidak sempurnaan dan tekstur yang kasar. Hal tersebut dapat menambah kesan alami pada kamar tidur kalian. Konsep ini juga menciptakan suasana kamar tidur yang lebih hangat dan intim. Selain itu desain ini juga lebih menonjolkan tampilan yang tradisional namun masih terlihat elegan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here